Get Adobe Flash player
slide image

Selamat Datang di Lembah Gogoniti Farm

Lembah Gogoniti Farm merupakan sebuah usaha agribisnis yang bergerak di On Farm (Budidaya) dan Off Farm (Non Budidaya). Produk utama Lembah Gogoniti farm adalah kambing Peranakan Ettawa (PE) yang terletak di lereng   Gunung Gogoniti sekitar 45 Km Timur...
Read More..

slide image

Khasiat Susu Kambing

Tidak mudah untuk mengembangkan gizi dalam susu. Namun, para ahli peternakan hewan di Universitas California Davis telah menemukan bahwa dalam susu kambing terdapat plasma yang bersifat seperti enzim antibakteri yang juga terkandung dalam...
Read More..

slide image

Pengenalan dunia Pertanian dan Peternakan

Pengenalan dunia Pertanian dan Peternakan Sejak Usia Dini dengan dikemas secara menarik yaitu dengan konsep belajar sambil bermain...
Read More..

slide image

Pakan Fermentasi

Agar susu kambing yang dihasilkan tidak beraroma kambing ( prengus ), pakan untuk kambing dibuat dengan cara difermentasi. Di samping mengurangi pakan hijauan sebagai pakan utama kambing, Pakan fermentasi  mempunyai keuntungan yaitu: * Membuat penggemukan kambing semakin cepat * Memperbaiki...
Read More..

slide image

Rumput Gajah Super / Rumput Odot (Pennisetum purpureum cv. Mott)

  Merupakan rumput yang sangat mudah dibudidayakan yang sangat disukai kambing, rumput ini hampir mirip dengan rumput gajah, perbedaannya daun lebih lemas, tidak gatal karena bulu daun halus, pertumbuhannya sangat cepat. Asal mula rumput ini berasal dari Amerika dengan nama latin ...
Read More..

Alamat Lembah Gogoniti Farm

Alamat LG Farm:

RT 05 RW 01 Desa Kemirigede

Kec. Kesamben Kab. Blitar

Jawa Timur - Indonesia

Email , Facebook, PIN BB

PIN BB : 28E8AE67  (Didik Yusuf)


Facebook / email :
lembahgogonitifarm@gmail.com

Kontak Kami

  • Didik Yusuf :
  • 081 233 94 7575 (Telkomsel)
  • 085 649 170 014 (Indosat)
  • Mukarom Salasa
  • 081 233 94 7676 (Telkomsel)
  • 085 649 760 761 (Indosat)
Terjemah Bahasa
Kontak Kami


PIN BB : 28E8AE67

------------------------------------

Web Admin

Status YM

------------------------------------

Support

Status YM

 



Pengunjung Situs
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini223
mod_vvisit_counterKemarin1676
mod_vvisit_counterMinggu ini5645
mod_vvisit_counterMinggu lalu19732
mod_vvisit_counterBulan ini49444
mod_vvisit_counterBulan lalu54945
mod_vvisit_counterTotal1867770

We have: 9 guests, 4 bots online
IP Anda: 54.204.178.31
 , 
Sekarang: Nov 25, 2014
JoomlaWatch 1.2.12 - Joomla Monitor and Live Stats by Matej Koval
Home Artikel Pakan Kambing Tabel Kandungan Nutrisi Bahan Pakan Ternak

Tabel Kandungan Nutrisi Bahan Pakan Ternak

Pakan ternak memegang peranan yang sangat penting dalam usaha peternakan dan merupakan bagian terbesar dari total biaya produksi. Pakan ternak harus terjaga kualitas dan kuantitas  agar proses perkembangan, produksi dihasilkan menjadi baik . Berikut adalah daftar tabel kandungan dari berbagai bahan pakan

Tabel 1. Bahan Pakan dari Limbah Industri Pertanian

No.
Jenis bahan
BK(%)
PK(%)
LK(%)
SK(%)
TDN(%)
1
Ampas tahu
10,788
25,651
5,317
14,527
76,000
2
Ampas kecap
85,430
36,381
17,257
17,816
89,553
3
Ampas bir
31,174
26,448
10,254
7,059
78,708
4
Ampas brem
81,634
3,130
2,120
2,111
55,826
5
Ampas gula cair
34,314
5,106
6,237
8,014
54,956
6
Bungkil kopra
90.557
27.597
11.216
6.853
75.333
7
Ampas bir
31,174
26,448
10,254
7,059
78,708
8
Bungkil klp sawit
92,524
14,112
11,903
10,722
67,435
9
Bungkil kcg tanah
91,447
36,397
17,242
0,895
71,721
10
Bungkil klp sawit
92,524
14,112
11,903
10,722
67,435
11
Bungkil kedelai
89,413
52,075
1,011
25,528
40,265
12
Bungkil tengkuang
92,524
14,112
11,903
10,722
67,435
13
Dedak padi
91,267
9,960
2,320
18,513
55,521
14
Bungkil tengkuang
92,524
14,112
11,903
10,722
67,435
15
Kedelai BS
85,430
38,380
4,840
17,810
69,930



16
Onggok kering
90,170
2,839
0,676
8,264
77,249
17
Tumpi kedelai
91,417
21,134
3,029
23,179
69,425
18
Tumpi jagung
87.385
8.657
0,532
21.297
48,475
19
Tepung gaplek
87,024
2,412
0,792
8,930
73,489

 

20
Polard
89,567
16,412
4,007
5,862
74,828
21
Molasses
30,232
8,300
-
-
63,000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

  • BK=Berat Kering
  • PK=Protein Kasar
  • LK=Lemak Kasar
  • SK=Serat Kasar
  • TDN=Total Digestible Nutrient

 

 

Tabel 2. Bahan Pakan dari Pertanian

Nama Bahan
Protein %
TDN %
Klobot Jagung
5,15
49,54
Jerami Padi
4,91
45,05
Jerami Kedele
11,96
42,74
Jerami Kulit kedelai
8,00
58,90
Jerami Kacang Tanah
12,94
62,29
Jerami Kacang Panjang
12,94
62,29
Jerami Kacang Otok
16,05
48,93
Jerami Kacang Hijau
23,26
58,08
Kulit coklat
15,04
55,52
Kulit Kacang tanah
5,77
31,70
Kulit Klenteng
13,13
52,32
Tongkol Jagung
5,62
53,08
Pucuk Tebu
5,57
55,29
Daun Ketela Pohon
16,46
37,42
Batang Ketela pohon
5,89
48,15
Komak
22,14
70,98
Bhengok
14,25
49,42
Rumput lapang
6,51
49,65
Alang-alang
7,33
32,03
Rumput Gajah
10,02
67,68
Setaria
9
58,02

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

  • TDN=Total Digestible Nutrient

Untuk tabel kandungan hijauan legimunosa dapat Anda lihat di sini

sumber : Loka Penelitian Sapi Potong Grati-Pasuruan

 

Update Terakhir (Selasa, 05 Pebruari 2013 21:44)

 
Artikel Terkait

Komentar  

 
-1 #1 dion 2010-10-31 21:15
bagus-bagus....tapi ini hasil uji lab terbaru atau dari sitasi??
Kutipan
 
 
+3 #2 Yoga s 2010-12-05 16:57
Assalaamu'alaikum wr wb, pak kalau memakai bahan bengok yg masih hijau atau yg dah kering, barangkali untuk menggantikan kulit kacang kedelainya.
Kutipan
 
 
+1 #3 Lembah Gogoniti 2010-12-09 04:58
Mengutip dion:
bagus-bagus....tapi ini hasil uji lab terbaru atau dari sitasi??

Artikel di atas merupakan hasil sitasi dari Loka Penelitian Sapi Potong Grati- Pasuruan
Kutipan
 
 
+4 #4 Lembah Gogoniti 2010-12-09 05:10
Mengutip Yoga s:
Assalaamu'alaikum wr wb, pak kalau memakai bahan bengok yg masih hijau atau yg dah kering, barangkali untuk menggantikan kulit kacang kedelainya.

Waalaikum Salam Wr. Wb. Terima Kasih Bapak Yoga telah mengunjungi website Lembah Gogoniti Farm. Kara Benguk (Mucuna pruriens (L.) DC.)
gambar kara benguk
merupakan sebagai tumbuhan beracun yang berbahaya untuk manusia dan ternak. Di beberapa tempat di Indonesia tumbuhan ini bahkan sudah dimusnahkan. Namun, ternyata tumbuhan terabaikan ini mempunyai potensi yang sangat tinggi. Tanaman beracun ini ternyata bisa diolah sebagai bahan pangan dan pakan. Untuk mereduksi racun yang terkandung di dalamnya digunakan beberapa cara yang cukup sederhana. Biji kacang benguk mengandung senyawa alkaloid toksik. Senyawa-senyawa toksik ini dapat menimbulkan keracunan. Namun dengan pengolahan yang baik, perendaman dan perebusan yang disertai pengelupasan kulit, senyawa toksik akan larut dalam air dan terurai.
Kutipan
 
 
+1 #5 ahmad mubarok 2011-01-09 19:30
tabel yang sangat berguna, buat referensi bikin pakan. aku punya tapi bahasa inggris. hehehe...
thanx gan :)
Kutipan
 
 
+1 #6 Lembah Gogoniti 2011-01-10 10:30
Yth Mas Ahmad Mubarok, Terima kasih atas kunjungan ke web kami. Kami
memang konsen menyampaikan informasi tentang pakan ternak dan kami
komitmen terus update. Jika bapak mempunyai sumber data tabel pakan
NRC(National Recearch Council) dalam bentuk file kalau bapak berkenan
bisa dikirim ke email kami. Insya Allah akan bermanfaat bagi teman-teman yang lain.
Kutipan
 
 
+1 #7 suwito 2011-01-11 21:59
mau tanya, kandungan asam sulfat pada daging sapi batasannya berapa . terima kasih
Kutipan
 
 
-1 #8 eko aris s 2011-01-16 23:06
tolong dicantumkan tabel komposisi campuran pakan ternak yang sesuai untuk kambing atau domba. terkait dengan kebutuhan portein, enegi, mineral dan lain-lain
Kutipan
 
 
-1 #9 ahmad mubarok 2011-01-20 12:20
insyaallah ntar kalo pas longgar saya pilhkan filenya dulu bos terus saya kirim, soalnya masih morat-marit di dalam lepi, hehe :)
Kutipan
 
 
0 #10 Lembah Gogoniti 2011-01-21 14:35
Mengutip eko aris s:
tolong dicantumkan tabel komposisi campuran pakan ternak yang sesuai untuk kambing atau domba. terkait dengan kebutuhan portein, enegi, mineral dan lain-lain

Untuk Tabel formulasi pakan akan kami bahas pada artikel selanjutnya
Kutipan
 
 
+1 #11 Lembah Gogoniti 2011-01-21 14:35
Mengutip ahmad mubarok:
insyaallah ntar kalo pas longgar saya pilhkan filenya dulu bos terus saya kirim, soalnya masih morat-marit di dalam lepi, hehe :)


Terima Kasih Bos
Kutipan
 
 
0 #12 joko priyanto 2011-01-25 06:56
kalo daun nangka bagus nggak ya mas.?
Kutipan
 
 
-1 #13 Lembah Gogoniti 2011-01-27 15:26
Mengutip:
kalo daun nangka bagus nggak ya mas.? Kutipan

Daun nangka bagus untuk ternak karena mengandung protein tinggi diatas 20 %, dan juga meningkatkan produksi susu kambing.
Kutipan
 
 
-2 #14 poi 2011-01-31 17:34
kenapa daun singkong tidak baik untuk ternak??? bagaiman dengan kulit singkong??
makasih
Kutipan
 
 
+2 #15 trisno, nganjuk 2011-02-02 14:51
bos gmn carax mengolah jerami padi agar bisa dimanfaatkan untuk pakan kambing, selama ini yang saya kenal jerami padi hanya buat pakan sapi..!!! tolong kirim jawabanx di e-mail saya boss...mksh sebelumnya...!!!
Kutipan
 
 
+1 #16 Lembah Gogoniti 2011-02-05 19:13
Mengutip poi:
kenapa daun singkong tidak baik untuk ternak??? bagaiman dengan kulit singkong??
makasih

Daun singkong mengandung zat antinutrisi yaitu asam sianida yang bersifat racun apabila diberikan secara langsung ke ruminansia.

Untuk menghilangkan / mengurangi kadar asam sianida pada daun singkong dengan cara dijemur pada terik matahari.

Kulit singkong juga dapat digunakan sebagai pakan ternak namun sebelum diberikan ke ternak sebaiknya direndam dalam air dan dibilas berkali-kali kemudian dijemur terlebih dahulu
Kutipan
 
 
+2 #17 Lembah Gogoniti 2011-02-06 18:34
Mengutip trisno, nganjuk:
bos gmn carax mengolah jerami padi agar bisa dimanfaatkan untuk pakan kambing, selama ini yang saya kenal jerami padi hanya buat pakan sapi..!!! tolong kirim jawabanx di e-mail saya boss...mksh sebelumnya...!!!

Proses Amonisasi Jerami Padi Untuk Pakan

Tujuan: untuk menjadikan Jerami padi dengan kecernaan lebih baik

Bahan dan Alat
Bahan : jerami padi, urea, molases
Alat : timbangan, plastik, ember, skop, cangkul, sendok dan alat penyiram.

Pedoman Teknis
Perlakuan amonisi jerami padi :
  • 4 kg urea
  • 100 kg bahan kering jerami padi



Cara perlakuan :
  • Urea (4 kg) dicampur dengan air 100 liter
  • Kemudian jerami padi disiram air larutan urea hingga merata lapis perlapis
  • Kemudian tutup dengan plastik, hingga kedap udara
  • Diamkan selama 1-2 minggu untuk proses amonisasi


Proses amonisi dapat dilakukan di dalam tempat khusus misalnya drum bekas atau di tempat lainnya, yang ditutup dengan plastik kedap udara.

Proses amonisasi bila sempurna ditandai tekstur jerami relatif lebih mudah putus, berwarna kuning tua atau coklat dan bau monia। Untuk mengurangi bau amonia, jerami harus dianginkan selama 1-2 jam sebelum diberikan pada ternak।

Sumber : Deptan
Kutipan
 
 
+1 #18 ahmad mubarok 2011-02-06 19:07
tabel nutrient request for sheep sampun saya kirim ke email bos,, semog bermanfaat :)
Kutipan
 
 
-1 #19 Lembah Gogoniti 2011-02-07 03:39
Mengutip ahmad mubarok:
tabel nutrient request for sheep sampun saya kirim ke email bos,, semog bermanfaat :)

Terima kasih atas share nya. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat
Kutipan
 
 
-1 #20 rara wulandari 2011-03-11 12:34
boleh minta tabel kebutuhan hijauan untuk sapi dara,laktasi,ke ring,pedet,jant an dewas?
Kutipan
 
 
+2 #21 Aprilia Jiwa Ningrum 2011-04-24 19:39
saya budidaya domba pada ketinggian 300dpl, kira2 berapa protein dan energi yang dibutuhkan domba saya?
Kutipan
 
 
0 #22 mulyadi 2011-05-03 19:38
pak boss....apakah pakan kambing permentasi itu bisa buat ternak kambing pembibitan.....maaf pak boss...baru blajar rencana mau budidaya....tolong d bls k e-mail..trims pak boss....
Kutipan
 
 
0 #23 Lembah Gogoniti 2011-05-04 09:41
Mengutip mulyadi:
pak boss....apakah pakan kambing permentasi itu bisa buat ternak kambing pembibitan.....maaf pak boss...baru blajar rencana mau budidaya....tolong d bls k e-mail..trims pak boss....

Pakan fermentasi sangat baik untuk ternak kambing breeding. Karena dengan pakan fermentasi, pakan lebih mudah dicerna kambing
Kutipan
 
 
0 #24 Candi 2011-06-08 10:09
salam kenal ...luar biasa boss..dah lama saya mengikuti berita-2nya..saya jga pengen buat pakan fermentasi cuma masing agak susah mencari limbah pertanian yang bisa di manfaatkan..di daerah saya cuma daun singknong dan singkong yang banyak..di sisni saya belum tau kalau daun-daunan ynag bisa di fermentasi apa saja??minta saranya bosss??!!!
Kutipan
 
 
0 #25 Tri Haryanto 2011-06-09 11:18
Terima kasih boss kemarin paketnya sdh sampai di Yogyakarta sy mau tanya aja untuk pembuatan pakan fermentasi itu tahan berapa hari ya... dan bahan pengganti selaian jagung giling ata kulit kedelai apa sj, ampas tahu di tempatku jg jarang mkah
Kutipan
 
 
0 #26 Lembah Gogoniti 2011-06-10 05:30
Mengutip Candi:
salam kenal ...luar biasa boss..dah lama saya mengikuti berita-2nya..saya jga pengen buat pakan fermentasi cuma masing agak susah mencari limbah pertanian yang bisa di manfaatkan..di daerah saya cuma daun singknong dan singkong yang banyak..di sisni saya belum tau kalau daun-daunan ynag bisa di fermentasi apa saja??minta saranya bosss??!!!

Untuk daun singkong dapat dibuat cara silase. Untuk pembuatan pakan silase dapat Anda lihat di www.lembahgogoniti.com/artikel/29-pakan-kambing/72-pembuatan-silase-rumput-dan-tebon-jagung.html
Kutipan
 
 
0 #27 Lembah Gogoniti 2011-06-10 05:32
Mengutip Tri Haryanto:
Terima kasih boss kemarin paketnya sdh sampai di Yogyakarta sy mau tanya aja untuk pembuatan pakan fermentasi itu tahan berapa hari ya... dan bahan pengganti selaian jagung giling ata kulit kedelai apa sj, ampas tahu di tempatku jg jarang mkah

Untuk alternatif pengganti bahan pakan fermentasi diantaranya adalah onggok (ampas singkong), tumpi jagung, rendeng kangkung
Kutipan
 
 
0 #28 Syaiful Umela 2011-07-01 09:39
ass. wr.wb.pengasuh lembah gogoniti

kalau boleh saya minta data Kandungan Nutrisi bahan pakan ternak. saya butuh untuk data penulisan Disertasi saya di UGM.
wassalam
syaiful Umela
Gorontalo
yogyakarta
Kutipan
 
 
0 #29 Lembah Gogoniti 2011-07-03 20:23
Mengutip Tri Haryanto:
mas aku punya kambing tp puting susunya kok besar. itu penyakit atau kelainan apa karena jenisnya memang seperti itu?

bisa karena penyakit, atau memang putingnya pada dasarnya besar
Kutipan
 
 
0 #30 Harry Hidayat, SE 2011-09-19 11:29
Kami menawarkan Bungkil Sawit dari Kalimantan Selatan. Bisa dipakai sebagai campuran pakan ternak misalnya untuk kebutuhan penggemukan sapi ternak. Penawaran harga : Rp 1.700,-/kg (Nego, makin banyak makin murah) Lokasi pembelian/pengambilan barang : Pelabuhan di Banjarmasin. Minimum Pembelian : 25 tons. Serius silakan hubungi Harry, Hp : 0821 1516 9917
Kutipan
 
 
0 #31 ratih 2011-09-25 20:09
mau tanya, dalam ampas tahu ada kandungan zat pembunuh cacing (zat antelmintik) terhadap ruminansia tidak ya? mohoon blasanya, terimakasih
Kutipan
 
 
+2 #32 ayu 2011-09-27 09:57
Jual Pakan Ternak Alternatif Murah dan berkualitas. Cocok untuk ternak bebek, sapi, dan babi. terbuat dari campuran ampas kacang ijo, ampas beras merah dan ampas gandum ( sisa dari produksi bubur bayi ). harga 1.800 / kg belum ongkos kirim.

berminat??? hubungi 082140032433 / 03191283500
Kutipan
 
 
0 #33 ayu 2011-09-27 10:00
Jual Pakan Ternak Alternatif Murah dan berkualitas!!!

Cocok Untuk ternak babi, sapi, dan bebek
terbuat dari campuran ampas kacang ijo, beras merah dan gandum. kondisi kering. Harga 1.800 / kg belum termasuk ongkos kirim.

Berminat???? Hubungi 082140032433 / 03191283500
Kutipan
 
 
0 #34 Lembah Gogoniti 2011-09-27 14:53
Mengutip Harry Hidayat, SE:
Kami menawarkan Bungkil Sawit dari Kalimantan Selatan. Bisa dipakai sebagai campuran pakan ternak misalnya untuk kebutuhan penggemukan sapi ternak. Penawaran harga : Rp 1.700,-/kg (Nego, makin banyak makin murah) Lokasi pembelian/pengambilan barang : Pelabuhan di Banjarmasin. Minimum Pembelian : 25 tons. Serius silakan hubungi Harry, Hp : 0821 1516 9917

Terima kasih atas tawaran kerjasamanya
Kutipan
 
 
-1 #35 Lembah Gogoniti 2011-09-27 14:59
Mengutip ratih:
mau tanya, dalam ampas tahu ada kandungan zat pembunuh cacing (zat antelmintik) terhadap ruminansia tidak ya? mohoon blasanya, terimakasih

Mohon maaf kami belum mengetahui zat pembunuh cacing yang terkandung dalam ampas tahu
Kutipan
 
 
0 #36 lissa 2011-11-04 11:18
rendeng/daun kacang tanah mengandung zink yang tinggi kemungkinan dapat meningkatkan fisiologis reproduksi kambing menurut anda bagaimana?
Kutipan
 
 
0 #37 ulil absor 2011-11-22 18:00
untuk ternak pemula enaknya B atau C bos hrga skrng brapa?
Kutipan
 
 
0 #38 Lembah Gogoniti 2011-11-22 18:33
Mengutip ulil absor:
untuk ternak pemula enaknya B atau C bos hrga skrng brapa?

Untuk Saat ini, sebaiknya apabila Bapak Ulil ingin mulai beternak sebaiknya ke penggemukan atau ke kambing perah. Untuk memulainya lebih baik dari sedikit lebih dahulu, setelah memahami cara beternak yang baik dan melihat peluang pasarnya baru bisa mengembangkan jadi lebih besar. Harga saat ini untuk bakalan (calon pejantan atau indukan) antara 1-1,5 juta.
Kutipan
 
 
0 #39 ferdi 2011-12-03 13:29
makasih infonya bro.,
Kutipan
 
 
0 #40 adi suprapto 2011-12-03 18:45
minta daftar pustaknya molase dunk....
kirim k adi.suprapto22@yaho o.com,untk literatur skripsi penelitian,,,th anky
Kutipan
 
 
0 #41 TOKO BUKU PETERNAKAN 2011-12-05 17:14
TOKO BUKU PETERNAKAN ONLINE Maju Bersama
http://ilmu-taniternak.blogspot.com/

Menyediakan berbagai macam buku-buku peternakan dari berbagai penerbit.
Toko Buku Online kami memiliki koleksi buku peternakan terlengkap hingga puluhan ribu buku.
Silahkan kunjungi toko kami untuk memesan buku-buku peternakan disini:
Pemesanan via FB : https://www.facebook.com/BukuOnlineIndonesia
Pemesanan via SMS : 0852.57090.372
Kutipan
 
 
0 #42 Lembah Gogoniti 2011-12-08 07:46
Mengutip ferdi:
makasih infonya bro.,

Sama-sama Pak
Kutipan
 
 
0 #43 abu iffah 2011-12-15 12:16
Ass.ww.
Mas, Tolong dilengkapi dengan tahun dan jenis publikasinya untuk sumber: Loka Penelitian Sapi Potong Grati-Pasuruan. Biar kita bisa dapatkan juga sumber data awalnya. Tq
Kutipan
 
 
0 #44 Lembah Gogoniti 2011-12-25 08:11
Mengutip abu iffah:
Ass.ww.
Mas, Tolong dilengkapi dengan tahun dan jenis publikasinya untuk sumber: Loka Penelitian Sapi Potong Grati-Pasuruan. Biar kita bisa dapatkan juga sumber data awalnya. Tq

Waalaikumsalam Mohon maaf kami belum menemukan referensi tahun publikasinya Penelitian sapi potong Grati - Pasuruan
Kutipan
 
 
0 #45 ali 2012-01-04 17:08
Ass. Wb.

Mas tolong kirim format excel-nya ke e-mail,mau buat ransum ayam kampung nih,,,,

Terima kasih
Kutipan
 
 
0 #46 muslihah 2012-01-08 11:13
apabila asam sianida terlanjur di konsumsi oleh manusia itu efeknya seperti apa?
Kutipan
 
 
0 #47 Lembah Gogoniti 2012-01-10 06:31
Mengutip muslihah:
apabila asam sianida terlanjur di konsumsi oleh manusia itu efeknya seperti apa?

Efeknya dalam dosis kecil tidak terlalu nampak. Namun pada ternak dala dosis tinggi asam sianida dapat menimbulkan keracunan.
Asam sianida yang biasanya terkandung dapat dihilangkan melalui proses pengeringan, perebusan, pengkukusan
Kutipan
 
 
0 #48 joko purwanto 2012-01-14 21:08
bagaimana cara mengolah kulit kacang tanah agar disukai kambing/domba. trimakasih
Kutipan
 
 
0 #49 Lembah Gogoniti 2012-01-16 16:39
Mengutip joko purwanto:
bagaimana cara mengolah kulit kacang tanah agar disukai kambing/domba. trimakasih

Kulit kacang tanah dibersihkan terlebih dahulu kemudian di giling dan dicampur dengan bahan lain seperti bekatul atau polard agar bisa disukai kambing atau domba
Kutipan
 
 
0 #50 ADI HENDRO 2012-01-19 09:28
bagaimana supaya kambing mau makan fermentasi?
Kutipan
 
 
0 #51 ADI HENDRO 2012-01-19 09:32
saya membuat fermentasi dengan formula katul,tepung ikan dan daun kering?apa sudah bagus pak...matur nuwun
Kutipan
 
 
-1 #52 Lembah Gogoniti 2012-01-24 11:21
Mengutip ADI HENDRO:
bagaimana supaya kambing mau makan fermentasi?

Untuk Pakan fermentasi memang ada sebagian ternak yang ketika awal pemberiaan agak sulit, sehingga perlu dilatih dengan dicokolkan ke mulut ternak
Mengutip ADI HENDRO:
saya membuat fermentasi dengan formula katul,tepung ikan dan daun kering?apa sudah bagus pak...matur nuwun

Untuk formulasi pakan sudah bagus pak.
Kutipan
 
 
+1 #53 ardian kristianto 2012-02-19 12:52
apakah bahan fermentasi harus berujud tepung? selama proses fermentasi apakah selalu ada kenaikan suhu? saya membuat ransum domba dari tebon,klobot, tongkol jagung , bekatul, klentheng, kulit kacang tanah, tetes tebu. apakah sudah bagus? apakah kadar proteinnya sdh mencukupi? trims
Kutipan
 
 
0 #54 Lembah Gogoniti 2012-02-21 07:29
Mengutip ardian kristianto:
apakah bahan fermentasi harus berujud tepung? selama proses fermentasi apakah selalu ada kenaikan suhu? saya membuat ransum domba dari tebon,klobot, tongkol jagung , bekatul, klentheng, kulit kacang tanah, tetes tebu. apakah sudah bagus? apakah kadar proteinnya sdh mencukupi?
trims

Terimakasih atas kunjungan mas ardian
Proses fermentasi tidak selalu berujud tepung namun pada bahan2 tertentu yang agak keras sebaiknya memang harus ditepungkan terlebih dahulu. Untuk formulasi tersebut sudah bagus pak.
Kutipan
 
 
0 #55 Agus tahir 2012-02-24 08:37
Knp untuk tabel bahan pakan pertanian tdk trcantum lemak kasar,serat kasar nya
trus pahan pakan untuk petei cina kandungan nutrisi nya tdk tersedia.
Kutipan
 
 
0 #56 Lembah Gogoniti 2012-02-25 19:01
Mengutip Agus tahir:
Knp untuk tabel bahan pakan pertanian tdk trcantum lemak kasar,serat kasar nya
trus pahan pakan untuk petei cina kandungan nutrisi nya tdk tersedia.

Dari data yang kami dapatkan dari sumber referensi tidak dicantumkan data seperti lemak kasar, berat kasar dan serat kasar. Setiap pengujian analisa proksimat biasanya memang ditampilkan semuanya
Kutipan
 
 
0 #57 Atiq Simonja 2012-03-16 23:09
Wah, sangat bermanfaat. Terima kasih sudah berbagi ilmu pak, saya baru akan mulai, mohon doanya..
Kutipan
 
 
0 #58 dains 2012-03-28 20:13
[fv]infonya sangat berguna thnks[/fv]
Kutipan
 
 
0 #59 Rina 2012-04-11 08:45
Apakah bungkil kopra bisa dijadikan sebagai pakan ternak, lalu bagaimana cara membuat pakan ternak dengan bungkil kopra?terimakasih
Kutipan
 
 
0 #60 Lembah Gogoniti 2012-04-22 17:26
Mengutip Rina:
Apakah bungkil kopra bisa dijadikan sebagai pakan ternak, lalu bagaimana cara membuat pakan ternak dengan bungkil kopra?terimakasih

Bungkil Kopra bisa dijadikan pakan ternak. Cara membuat pakan ternak dengan bungkil kopra silahkan hubungi
Didik Yusuf :
-081 233 94 7575 (Telkomsel)
-085 649 17 0014 (Indosat)
atau via BBM pin 28E8AE67
Kutipan
 
 
0 #61 aris 2012-04-30 11:57
tolong om,kebutuhan vitamin untuk,sapi,babi ,kelinci,kambin g,domba,kuda?trmksih :lol:
Kutipan
 
 
0 #62 Haryanto Kelinci 2012-05-03 11:16
Mohon infonya klu sudah ada tabel kandungan nutrisi pakan dari daun-daunan misalkan daun rambutan, daun mangga, daun nangka, daun sukun, dan jati dll, mengingat saat ini sy menggunakan pakan kelinci dari bahan tepung daun-daun tersebut
Kutipan
 
 
0 #63 joko cindai 2012-07-07 14:16
selamat siang bos, berapa percenkah protein yang di butuhkan untuk penggemukan & untuk pembibitan kambing trima kasih atas jawabannya
Kutipan
 
 
0 #64 joko purnomo 2012-07-07 14:32
minimal berapakah kandungan nutrisi untuk penggemukan kambing
Kutipan
 
 
0 #65 slamet budihardjo 2012-07-24 19:47
salam kenal om kami peternak sapi perah,kami ada masalah gimana baiknya sapi -sapi kami supaya produksi susunya stabil.terima kasih sebelumnya.slamet
Kutipan
 
 
0 #66 slamet budihardjo 2012-07-24 19:50
mau tanya berap persenkah kandungan kawul kangkung
Kutipan
 
 
0 #67 Lembah Gogoniti 2012-07-27 19:14
Mengutip slamet budihardjo:
salam kenal om kami peternak sapi perah,kami ada masalah gimana baiknya sapi -sapi kami supaya produksi susunya stabil.terima kasih sebelumnya.slamet

Produksi susu sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pakan yang berkualitas, kondisi sapi(dalam kondisi stres produksi susu bisa menurun), serta faktor cuaca
Kutipan
 
 
0 #68 Lembah Gogoniti 2012-07-27 19:16
Mengutip slamet budihardjo:
mau tanya berap persenkah kandungan kawul kangkung

Untuk Kandungan Kangkung Kering lemak=10,31%; Protein=9,91% dan Abu dan Karbohidrat 6,46%
Kutipan
 
 
0 #69 Evaristo 2012-07-31 13:02
terimakasih atas infonya, karna dapat membantu saya dalam proses studi.....namun saya punya pertanyaan pak ? bagaimana kita bisa membuat bungkil kopra menjadi pakan ternak pak...?
Kutipan
 
 
0 #70 SUYONO 2012-08-01 18:45
Sy bisnis di penggemukan kambing jenis kacang ,jawa randu YG BERLOKASI DI DAERAH Metro - Lampung ,hasilnya nper 3 bulan sekali saya jual yang rata2 tiap bulan bisa diambil 500 ekor ,mohon informasi bagi siapa yg ingin order dengan jumlah besar dpt menghubungi saya ,SUYONO,082127888887,terima kasih
Kutipan
 
 
0 #71 ion 2012-08-04 07:55
mau tanyak yg mempengaruhi produksi susu sapi perah itu apa aj? trus penanganx gmn..
Kutipan
 
 
0 #72 komarudin 2012-08-31 09:42
assalamua'alaikum. salam kenal om. saya tertarik untuk beternak kambing gibas. mohon info teknik dasar beternak kambing boleh?
Kutipan
 
 
0 #73 Joko 2012-09-05 19:07
Pak bro bagaimana cara membuat ransum buat itik pedaging agar cepat gemuk dan tekstur daging yang kenyal.terimakasih sebelumnya
Kutipan
 
 
0 #74 Eko 2012-09-05 23:53
Slm knal boss..mo nanya didaerahku cm ada katul sm onggok,tetes tebu,it cara fermentasi pakannya kalo dicampur dgn daun kering apa bisa,komposisi msg brapa?trus prosesnya gmana?kalo ditmbah starbio gmana?,,oya kalo starbio langsung diberikan pd ternak dlm wujud komboran gmana?bgus ndak..mksh..slm sukses
Kutipan
 
 
0 #75 Lembah Gogoniti 2012-09-07 06:05
Mengutip ion:
mau tanyak yg mempengaruhi produksi susu sapi perah itu apa aj? trus penanganx gmn..

Untuk meningkatkan produksi susu sebelumnya pemilihan bibit sapi juga berpengaruh.Bibit sapi unggul bisa menghasilkan produksi susu yang tinggi
-Pakan juga merupakan faktor yang sangat penting, Pakan seperti centrat sapi perah, ampas tahu
Kutipan
 
 
0 #76 Lembah Gogoniti 2012-09-07 06:05
Mengutip komarudin:
assalamua'alaikum. salam kenal om. saya tertarik untuk beternak kambing gibas. mohon info teknik dasar beternak kambing boleh?

Silahkan cari di artikel kami
Kutipan
 
 
0 #77 Lembah Gogoniti 2012-09-07 06:09
Mengutip komarudin:
assalamua'alaikum. salam kenal om. saya tertarik untuk beternak kambing gibas. mohon info teknik dasar beternak kambing boleh?

Silahkan cari di artikel kamiMengutip Eko:
Slm knal boss..mo nanya didaerahku cm ada katul sm onggok,tetes tebu,it cara fermentasi pakannya kalo dicampur dgn daun kering apa bisa,komposisi msg brapa?trus prosesnya gmana?kalo ditmbah starbio gmana?,,oya kalo starbio langsung diberikan pd ternak dlm wujud komboran gmana?bgus ndak..mksh..slm sukses

Untuk onggok dapat juga difermentasi prosesnya dapat Anda lihat pada artikel
www.lembahgogoniti.com/artikel/28-slide/16-pakan-fermentasi.html

Namun untuk bahan onggok pemberian kepada ternak hanya diberikan sedikit saja, apabila terlalu banyak akan mengakibatkan mencret
Kutipan
 
 
0 #78 zakiah zha 2012-10-09 08:39
makasih atas tabelnya...
sangat bermanfaat tuk materi PKMMnya qia....8-)
Kutipan
 
 
+2 #79 Ayub 2012-11-07 06:16
Pak, mau tanya kandungan gizi rendeng kangkung ... PK , SK , LK , BK , TDN ..
Soalnya mau saya jadikan pakan utama pengganti hijauan..
Terima kasih.
Kutipan
 
 
+1 #80 muvid ulvin aksani 2013-01-14 11:43
kalo tabel bahan pakan berserat ada gak gan?
Kutipan
 
 
0 #81 Bambang Irawan 2013-01-26 14:28
Assalamu 'alaikumMau nanya ni gan,untuk penjelasan permentasi pakan kambing dari jerami di atas.mohon penjelasannya,m olasesnya di apakan?trima kasih.wassalam.
Kutipan
 
 
0 #82 malal 2013-01-30 18:38
#kalau daun durian tuu fungsinya sebagai apa yaaa mas ????
Kutipan
 
 
0 #83 Lembah Gogoniti 2013-01-31 20:56
Mengutip malal:
#kalau daun durian tuu fungsinya sebagai apa yaaa mas ????

sebagai sumber serat
Kutipan
 
 
-1 #84 Lembah Gogoniti 2013-01-31 20:57
Mengutip malal:
#kalau daun durian tuu fungsinya sebagai apa yaaa mas ????

fungsi daun durian sebagai sumber serat kasar
Kutipan
 
 
0 #85 tabita 2013-04-30 10:02
q melakukan penelitian tentang pemberian silase eceng gondok dengan perut ikan,
berapa % kira2 bagus eceng gondok dan perut ikan di berikan ke entok??
thanks
Kutipan
 
 
0 #86 muqorrobin 2013-06-05 15:13
mau tanya pak. untuk PK SK BK kulit nangka berapa?
Trima kasih
Kutipan
 
 
0 #87 Wahyu Sejati 2013-11-14 14:26
tau daun crobo gag mas??

butuh banget infonya
Kutipan
 
 
0 #88 kaiping 2013-11-30 07:44
[fv]gmana bos caranya bikin fermentasi pakan[/fv]
Kutipan
 
 
0 #89 nadjamudin 2013-12-02 09:49
terima kasih banyak atas infonya,semoga bisa ditambah lagi hasil lab kandungan nutrisi yg lain.
Kutipan
 
 
0 #90 andrie 2013-12-13 05:07
Assalamu'alaikum wrwb. Salam kenal dari putra rantau.di kaltim. mas saya mau nanya gimana cara pemilihan bibit kambing yang bisa berpotensi gemu yang bisa menguntungkan untuk penggemukan.
Kutipan
 
 
0 #91 adadsayuty 2014-01-08 17:07
terima kasih banyak atas segala infonya, salam sukses
http://goo.gl/j7LG9C
Kutipan
 
 
+1 #92 Jun 2014-02-03 11:08
Pak mau tanya, apakah pakan dari Limbah Industri Pertanian seperti yg trsebut d atas itu memang akan menjadikan kambing jauh lebih gemuk dari pada diberi pakan rumput-rumputan biasa? seperti apa kira2 perbandingannya ? trima kasih...
Kutipan
 
 
0 #93 FAUZI DARA 2014-03-07 13:06
Infonya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjung balik.
http://goo.gl/RLZgVV
http://goo.gl/Qnehjm
Kutipan
 
 
0 #94 obat herbal alergi 2014-03-07 16:00
Terima kasih banyak atas semua infonya, salam sukses..
http://goo.gl/5zJIpW
Kutipan
 
 
0 #95 EVA GOMBO 2014-04-05 05:24
kandungan energi metabolismenya kok gak ada,,??
Kutipan
 
 
0 #96 Exsy 2014-06-06 10:03
mas, kira-kira dalam buah singkong itu ada kandungan apa ya yang bisa buat penambahan susu. karna ada referensi katanya penambahan 3 kg singkong dapat meningkatkan 1 liter susu pada sapi perah.
Kutipan
 
 
0 #97 dicky 2014-06-12 14:44
Pak bos saya maw tanya kandungan nutrisi yg terdapat pada bekatul kacang hijau itu apa saja...? Mohon infonya
Kutipan
 
 
0 #98 fasby 2014-06-15 18:56
[fv]apakah gergajian kayu sengonn layak untuk pakan fermentasi[/fv]
Kutipan
 
 
0 #99 dwi 2014-07-13 22:00
mohon informasi untuk komposisi makanan untuk sapi potong (protein tnd dll) yang baik
Kutipan
 

Tambah Komentar


Pencarian

Alternative flash content

To view this Flash you need Javascript on your browser and updated version of flash player.

Get Adobe Flash player

Alternative flash content

To view this Flash you need Javascript on your browser and updated version of flash player.

Get Adobe Flash player

Rekening

Bank BCA KCP Wlingi
an: Mukarom Salasa
No. Rek: 322 038 218 3

Bank Mandiri
KCP Blitar Wlingi
an: Mukarom Salasa
No. Rek: 144-00-1172769-7

Bank BRI KCP Wlingi
an: Didik Yusuf
no. rek:
0681-01-002639-50-6

Kelahiran Kambing

Tanggal Perkawinan:

Tanggal :

 

 

Bulan    :

 

 

 

Tahun   :

 

 

Iklan & Jasa

Pasang Iklan, Jasa Desain & Pembuatan Web

Silahkan hubungi :

Mukarom (085649760761)

email:m_salasa@yahoo.com